top of page
  • renoparkerr

Wajib Coba! Ini Olahraga Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Wix.com - Olahraga merupakan salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak sekali manfaat. Banyak orang yang sangat menyukai olahraga dan banyak juga yang tidak menyukai olahraga. Padahal olahraga tidak hanya memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh kita namun juga mampu memberikan efek dalam jangka panjang untuk menghindari terjadinya serangan jantung yang merupakan salah satu penyakit jantung. Olahraga yang baik dapat dipadukan dengan diet yang cukup dan menjalani gaya hidup sehat mampu memberikan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh.


Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian terhadap orang dewasa yang tidak banyak bergerak atau pasif dan mereka secara otomatis menjadi beralih dari tanpa aktivitas fisik sama sekali menjadi rutin berolahraga satu jam setiap minggunya memiliki resiko penyakit jantung yang menjadi berkurang hingga hampir setengahnya. Namun tidak semua jenis olahraga sangat efektif karena hanya ada beberapa jenis olahraga yang mampu membuat jantung berdetak lebih sehat dan mampu menghindarkan dari penyakit jantung dan serangan jantung. Berikut ini beberapa olahraga yang berguna membuat Jantung Sehat.



Jenis Olahraga Yang Mampu Membuat Jantung Sehat



  1. Bersepeda Salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu melindungi diri dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, jantung, kanker, penyakit mental, diabetes dan radang sendi adalah dengan bersepeda. Dengan anda mengendarai sepeda secara teratur akan mampu mengurangi resiko dari masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan bersepeda secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner yaitu anda bisa bersepeda sejauh 32 km setiap minggunya untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung hingga 50%. Dengan bersepeda juga mampu meningkatkan detak jantung dan juga membakar kalori dalam tubuh. Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang sehat, mudah dan murah serta dapat dinikmati oleh semua orang selain itu bersepeda juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mampu mengurangi dampak buruk pada lingkungan dan bumi kita tercinta.

  2. Yoga Tekanan darah dan kadar kolesterol yang meningkat dapat disebabkan oleh banyak hal seperti stres, kecemasan, pola makan yang buruk dan kurangnya dalam aktivitas fisik. Meditasi atau yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung. Yoga sangat cocok bagi anda yang tidak terlalu suka dengan aktivitas yang berat. Yoga juga merupakan salah satu aktivitas fisik yang menekankan pada peraturan napas, fokus, dan juga meditasi. Dengan berlatih yoga secara teratur maka akan membawa anda pada kesadaran tubuh, pikiran dan emosi yang menyelaraskan kesehatan fisik dan mental. Yoga dapat membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru dan juga dapat meningkatkan fungsi pernafasan, detak jantung. Yoga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot dan mengurangi peradangan.

  3. Lari Lari merupakan olahraga yang paling mudah dan paling murah dan bisa dilakukan kapan saja dana oleh siapa saja. Namun tetap saja setiap orang pasti memiliki intensitas yang berbeda saat berlari, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Hal tersebut disesuaikan oleh kemampuan tubuh saat berlari. Dengan rajin melakukan olahraga lari secara teratur maka akan memberikan dampak baik bagi kesehatan seperti meningkatkan kolesterol baik, mengurangi resiko aterosklerosis, mengurangi produksi hormon stres adrenalin dan kortisol, meningkatkan sirkulasi darah , menurunkan resiko trombosis dan mampu meningkatkan volume darah di tubuh yang berkaitan langsung dengan kesehatan jantung.

  4. Angkat Beban Angkat beban atau barbel juga sangat penting bagi mendapatkan Jantung Sehat. Dengan mengangkat beban atau barbel mampu membakar lemak dan membangun massa otot juga baik untuk kesehatan tulang dan jantung. Namun ketika sedang melakukan latihan angkat beban harus menyesuaikan dengan tempo gerakan. Dengan melakukan olahraga angkat beban sekitar 30-40 menit setiap minggunya mampu mengurangi resiko terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, hiperkolesterolemia.

  5. Berenang Berenang selain mampu mengisi waktu luang atau waktu libur namun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena dengan berenang dapat membuat paru-paru dan Jantung Sehat. Anda bisa memakai banyak gaya dalam berenang seperti gaya bebas. Berenang sama halnya dengan latihan aerobik memiliki manfaat untuk menguatkan dan memperbesar jantung sehingga akan membuatnya lebih efisien dalam memompa, dengan begitu aliran darah ke seluruh tubuh akan menjadi lancar. Dengan anda berenang selama 30 menit sehari maka akan mengurangi penyakit jantung koroner dan dapat mengurangi tekanan darah.

2 views0 comments
bottom of page