top of page
  • renoparkerr

Jenis Olahraga Air Yang Seru Untuk Dicoba, Gak Cuma Berenang!

Wix.com - Olahraga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk salah satunya menjaga berat badan, terlebih lagi jenis olahraga sendiri ada banyak, mulai yang dilakukan di darat hingga yang dilakukan di air. Olahraga yang berhubungan air sendiri juga tidak selalu berenang, loncat indah maupun menyelam juga jadi olahraga air yang cukup banyak diminati. Di samping itu ada banyak olahraga air lain yang bisa dipertimbangkan, walaupun jarang ditemui di daerah perkotaan, namun ada banyak jenis olahraga air yang lain yang gak kalah seru untuk kamu coba.


Jenis Olahraga Air Yang Gak Kalah Seru Untuk Dicoba



  1. Arung Jeram Atau Rafting Buat kamu yang suka olahraga sedikit ekstrim dan menantang adrenalin, jenis olahraga satu ini cocok buat kamu. Arung jeram atau rafting merupakan jenis olahraga air yang mengarungi sungai, cukup menegangkan saat medan yang harus kamu lalui sangat deras dan berbahaya. Terlebih lagi jika perahu karet yang kamu tumpangi menabrak batu dan terbalik akan semakin seru dan menantang, biasanya satu boat karet akan berisikan 4 orang dengan 1 pemandu. Tips buat kamu yang baru akan mencoba olahraga satu ini, pastikan tubuh dalam kondisi sehat, stabil dan prima, tentunya kamu juga harus selalu mengikuti instruksi dari pemandu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

  2. Selancar Atau Surfing Berselancar termasuk salah satu jenis olahraga air terutama dengan medan laut yang berombak, karena salah satu yang membuat peselancar begitu lihai memainkan papan selancarnya karena dorongan dari ombak. Justru semakin tinggi ombak, akan semakin menantang jua bagi para peselancar untuk memainkan papan seluncurnya dan menari-nari di atas ombak. Olahraga yang satu ini sendiri bisa dibilang cukup berbahaya dan bukan sekedar olahraga yang dapat dilakukan oleh sembarang orang. Kamu juga harus mempelajari keterampilannya, karena peselancar profesional juga masih sering mengalami cedera yang disebabkan oleh papan selancarnya sendiri, memang perlu banyak latihan untuk bisa bermain permainan ini.

  3. Dayung Kano Olahraga yang selanjutnya yaitu Dayung Kano, olahraga ini biasanya disebut dengan perahu jukung yang memiliki bentuk lebih ramping dan unik. Bagian atasnya juga sedikit terbuka, ada juga yang tertutup namun bentuknya juga lancip, biasanya satu kano ini hanya berisi satu orang saja. Kegiatan ini sama seperti mendayung pada umumnya, kano akan membuat pendayungnya mengeluarkan tenaga ekstra agar kano dapat berjalan di atas ari. Tentunya ukuran kano yang lebar berat membuat gerakan mendayung terasa jadi lebih lambat dan jadi lebih berat untuk pemula, namun olahraga ini cukup banyak digemari dan mengandalkan kekuatan tangan untuk mendayung.

  4. Ski Air Masih dalam kategori olahraga air yang menantang adrenalin, pada umumnya ski air ini dilakukan di pesisir pantai. Sama-sama menggunakan papan ski, namun bedanya ski air ditarik oleh perahu atau speedboat, jadi bagi kamu yang tidak menjaga keseimbangan akan terjungkal dan tertarik oleh perahu atau speedboat. Untuk pemula sendiri biasanya akan menggunakan tubing terlebih dahulu untuk melatih keseimbangannya, dalam permainannya ada juga yang menggunakan 2 papan ski seperti di daratan salju. Pelajari juga beberapa isyarat antara pemain ski dengan pengemudi perahu maupun speedboat saat bermain ski untuk menghindari miss komunikasi, kamu pernah bermain olahraga air yang satu ini?

  5. Flyboard Olahraga air yang selanjutnya yaitu Flyboard, yang mana olahraga ini cukup seru dan menarik untuk kamu coba. Flyboard sendiri merupakan jenis olahraga yang sedang populer belakangan waktu ini, flyboard sendiri merupakan kombinasi dari jet ski, ski air, snowboard, dan akrobat diving. Peralatan yang dibutuhkan yaitu papan pijakan yang terhubung dengan pipa sepanjang 18 meter ke turbin jet ski yang dilengkapi dengan nozzle untuk membuang air dengan kekuatan besar sehingga dapat membuat penggunanya melayang. Buat kamu yang belum mencoba olahraga yang satu ini, rasanya seperti menjadi iron man yang melayang di udara, agar dapat melakukan flyboard dengan aman yang paling utama kamu harus mempelajari aturan keselamatan. Karena flyboard bergerak di atas air dengan melakukan putaran yang harus menyeimbangkan tubuh dengan kontrol boardnya, jenis olahraga air yang satu ini membuat kamu seperti terbang di atas air, seru banget!


1 view0 comments
bottom of page