top of page
  • renoparkerr

Jenis Olahraga Untuk Haid, Salah Satunya Yoga!

Wix.com - Olahraga rutin tentunya sangat menyehatkan fisik maupun mental. Tapi, apakah boleh olahraga ketika haid? Mengingat bahwa saat datang bulan tiba, perempuan biasanya mengalami banyak gejala kurang mengenakan. Gejala timbul menjelang menstruasi dikatakan sebagai PMS atau premenstrual syndrome, dimana perubahan emosional dan fisik bisa terjadi ketika menjelang menstruasi. Sering menjadi perdebatan, sebenarnya bolehkan perempuan olahraga ketika haid? Jawabannya tentu bisa dan diperbolehkan. Ada banyak jenis olahraga untuk haid dapat dijalankan oleh anda. Cuma perhatikan terlebih dahulu intensitas serta jenis olahraga dilakukan setiap seseorang.


Sebab ada bahaya yang bisa terjadi apabila terlalu memaksakan diri olahraga berat saat datang bulan tiba. Ketika menstruasi datang, sebagian perempuan mungkin akan mengalami sakit kepala, kembung, perut kram, bahkan merasa tidak nyaman. Berolahraga saat menstruasi terkadang melelahkan. Hal ini adanya perubahan hormon berperan untuk hal seperti ini. Kita mempunyai dua hormon utama terlibat di dalam siklus menstruasi yakni diantaranya adalah hormon progesteron dan estrogen.


Perubahan hormon bisa saja terjadi setiap bulan dan pada akhirnya mempengaruhi tingkat energi di dalam tubuh. Akibat perubahan-perubahan hormon itulah maka banyak perempuan tidak ingin melakukan olahraga. Tap sebenarnya kalian harus mengetahui bahwa sejauh tubuh masih bisa maka tidak ada salahnya untuk olahraga ketika menstruasi datang. Karena ada manfaat yang bisa dicapai dari olahraga ketika menstruasi.


Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Haid



  1. Yoga Apakah anda ingin merasakan ketenangan olahraga saat sedang datang bulan? Maka dapat mencoba aneka gerakan-gerakan dalam olahraga yoga. Yoga atau meditasi bisa merilekskan mood serta perasaan gampang marah pada saat datang bulan. Dari sisi kesehatan sendiri, Yoga bisa melatih cara pernafasan serta peregangan anggota dalam tubuh. Ada banyak pose olahraga Yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah serta mampu meredakan nyeri di tubuh. Ditemukan bahwa Yoga bisa meredakan gejala-gejala menstruasi mulai dari kembung dan keram.

  2. Pilates Jenis gerakan olahraga sedang tren pada saat ini, sekilas seperti olahraga Yoga sebelumnya. Tapi yang pastinya ada beberapa perbedaan, gerakan pilates akan membantu buat merilekskan anggota tubuh yang membuat kita tetap tenang dan juga sehat. Pada umumnya, olahraga ketika haid ini lebih fokus untuk melatih kekuatan otot pada tubuh kita. Ada beberapa macam tipe latihan dapat dilakukan sesuai kebutuhan kita. Sama halnya seperti Yoga, olahraga Pilates bisa meredakan kram di dalam perut karena datang bulan tersebut.

  3. Zumba Mungkin anda akan kebingungan, kenapa Zumba masuk ke dalam olahraga untuk datang bulan. Zumba merupakan bagian dari olahraga fisik bisa meningkatkan mood kita. Bahkan olahraga ini bisa juga membakar kalori ekstra pada tubuh. Dengan lantunan lagu di setiap gerakan tariannya dapat menambahkan rasa semangat buat tetap melakukan olahraga. Apalagi saat ini juga banyak sekali zumba yang dapat diakses secara online dan dilakukan dirumah. Apakah anda ingin gerakan olahraga saat haid cukup menyenangkan dan menghibur? Maka pilihannya adalah Zumba ya!

  4. Berenang Walaupun jarang ada orang yang berenang ketika datang bulan, namun ini dapat menjadi pilihan buat dijalankan. Berenang ketika datang bulan dibolehkan saja, sebab akan membantu untuk mengurangi rasa kram di tubuh. Berenang juga bisa meningkatkan sirkulasi atau aliran darah ke tubuh. Berenang bisa melembutkan sendi yang kaku dan menghilangkan rasa nyeri di bagian punggung bawah. Namun apabila kram mengganggu, maka sebaiknya pilih jenis olahraga lain yang lebih ringan lagi.

  5. Bersepeda Sepeda, gerakan otot tungkai kaki dilakukan ketika bersepeda ternyata bisa membantu mengurangi rasa kram di bagian punggung dan perut yang nyeri. Pastikan anda memilih rute dekat-dekat saja ketika olahraga sepeda. Supaya anda tidak kelelahan, memakai sepeda statis menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa juga buat minum air cukup. Tujuannya supaya tidak mengalami dehidrasi.

Itulah sedikit jenis olahraga untuk haid dapat anda lakukan, namun patut diketahui bahwa olahraga ketika menstruasi dengan intensitas ringan akan tetap bisa mengeluarkan endorfin maupun zat kimia tubuh terasa nyaman dilepaskan setelah kita olahraga. Tapi jika olahraga berat dan memaksakan tubuh mengeluarkan tenaga di luar kemampuan, maka hal seperti itu akan membahayakan tubuh.


4 views0 comments
bottom of page