top of page
  • renoparkerr

Cara Melakukan Senam Kegel dan Manfaat yang Didapatkan!

wix.com - Senam kegel sederhana baik untuk diterapkan bagi kesehatan tubuh, jenis kegiatan seperti inilah dapat dilakukan di rumah tanpa memakai peralatan. Senam kegel bisa dengan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja jika kalian mempunyai waktu luang. Identik dilakukan oleh perempuan, nyatanya senam kegel dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk laki-laki. Senam kegel berguna buat memperkuat otot-otot dasar di pinggul. Otot panggul bawah yang letaknya ada di area panggul dipakai buat mengendalikan lajunya urine. Caranya mudah sekali untuk dilakukan, bahkan walaupun mudah dilakukan ternyata manfaat senam kegel tidak kalah menarik.


Lantas Bagaimana Cara Melakukan Senam Kegel?


Olahraga senam kegel berbeda dari lainnya sangat praktis dan gampang, senam seperti ini tidak memakai pakaian khusus dan bisa diterapkan dengan posisi berdiri atau duduk. Berikut dibawah ini adalah sebagian langkah melakukan senam kegel, diantaranya adalah :

  • Identifikasi otot panggul bawah dengan menghentikan keluarnya urine ketika kalian buang air kecil.

  • Apabila sudah bisa merasakan otot panggul, maka kencangkan otot dan tahan beberapa detik saja, melemaskannya kembali.

  • Jika sudah terbiasa, kalian bisa meningkatkan durasi sampai 5-10 detik.

  • Dan atur nafas dilakukan pada kondisi rileks, senam kegel setidaknya dilakukan 4-6 kali pada satu hari saja.



Senam kegel atau dikatakan sebagai senam latihan otot panggul bagian bawah bermanfaat bagi memperbaiki kondisi yang bisa menurunkan fungsi dan kekuatan dari otot panggul bawah. Seperti kita ketahui bahwa melemahnya otot panggul bawah bisa disebabkan oleh persalinan, kelebihan berat badan, operasi, hingga penuaan. Jenis olahraga seperti inilah bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, ada beberapa manfaat senam kegel patut kalian ketahui agar tertarik menjalankan olahraga satu ini, diantaranya adalah :

  1. Membantu mengatasi kondisi ejakulias dini Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa efek dari latihan kegel untuk menangani ejakulasi dini mampu dibuktikan oleh sebagian penelitian. Melakukan senam kegel sesederhananya selama kurang lebih dua belas minggu bisa membantu lebih dari 50% laki-laki dengan permasalahan ejakulasi dini buat menunda orgasme sampai hubungan dan kegiatan seksual lebih jauh memuaskan.

  2. Ereksi lebih kuat Selain itu olahraga senam kegel ternyata dapat melancarkan peredaran darah, jadi penis dapat ereksi lebih kuat ketika melakukan hubungan seksual. Latihan otot pinggul bawah ini ternyata membantu laki-laki yang mengalami kondisi disfungsi ereksi supaya dapat mempertahankan ereksinya. Maka dengan begitulah ahli meyakinkan kalau latihan ini dapat membantu mengendalikan fungsi dan juga respon seksual menjadi lebih baik.

  3. Bisa meredakan ketidakmampuan menahan buang air kecil Dimana, kondisi susah menahan buang air kecil biasa dikatakan sebagai inkontinensia urine bisa saja terjadi di laki-laki atau perempuan. Keberhasilan dalam mengatasi kondisi seperti ini juga sempat diteliti dan diakui kevalidasiannya pada tahun 2009 silam.

  4. Merapatkan vagina Setelah melakukan proses persalinan secara normal, biasanya vagina akan melebar dan membutuhkan waktu buat kembali ke dalam ukuran awal. Dengan melakukan senam kegel inilah mempercepat proses merapatkan vagina.

  5. Mengencangkan vagina Nggak cuma membuat vagina jadi rapat saja, melainkan senam kegel berfungsi untuk mengencangkan vagina. Biasanya vagina perlahan-lahan mengendur saat memasuki umur menopause. Nah dengan melakukan senam inilah bisa membantu mewujudkan performa seksual memuaskan.

  6. Mempercepat pemulihan kondisi vagina setelah episiotomi Apa itu episiotomi? Merupakan kondisi saat vagina digunting ketika melahirkan. Melakukan senam kegel hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah lancar ke area vagina lho. Berbagai nutrisi dan oksigen di dalam darah pastinya dibutuhkan sekali buat proses regenerasi berbagai macam sel dan jaringan vagina mengalami kerusakan dikarenakan episiotomi.

  7. Mengatasi keluhan di ibu hamil Apabila melakukan senam kegel teratur tentunya bisa meredakan, baik mencegah banyaknya permasalahan kehamilan. Mulai dari sembelit atau susah buang air kecil, nyeri di bagian punggung bawah, nyeri ketika buang air kecil atau besar, berhubungan seksual, dan inkontinensia tinja susah mengendalikan tinja.

Sekian beberapa cara melakukan senam kegel dan manfaat senam kegel yang bisa didapatkan ketika menerapkannya secara rutin. Cukup banyak bukan manfaat akan kalian terima?


1 view0 comments
bottom of page