top of page
  • renoparkerr

Jenis Gaya Renang yang Paling Mudah dan Aman

Wix.com - Renang, adalah suatu aktivitas olahraga yang paling banyak dilakukan oleh segala macam kalangan. Siapapun yang sedang melakukan olahraga renang, pastinya akan senang dan mudah meningkatkan kesehatan tubuh. Dibalik itu, olahraga yang satu ini ternyata memiliki banyak jenis gaya renang. Dari sekian banyaknya jenis gaya renang, tentunya peminat akan lebih memilih gaya renang paling mudah saja, bukan? Karena gaya renang yang sulit membutuhkan waktu lebih banyak untuk menguasainya.


Walaupun mudah dilakukan, siapa sangka bahwa ternyata jenis gaya renang tersebut sangat lah aman dilakukan oleh seluruh kalangan. Bukan diperuntukkan kalangan orang dewasa saja, melainkan anak-anak pun bisa melakukannya dengan mudah. Anda harus tahu, bahwa melaksanakan olahraga renang di suatu jenis gaya secara rutin, dapat memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh dan mental.


Kini, segala macam gangguan kesehatan maupun emosional, akan terhindar dengan sempurna. Sudah pasti anda menginginkan gaya hidup yang sederhana dan damai, bukan? Maka dari itu, tidak heran apabila kebanyakan orang lebih memilih melakukan olahraga renang dibandingkan jenis olahraga apapun itu. Menjadi seorang pemula dalam menguasai olahraga renang bukan lah sebuah aktivitas meragukan. Apabila anda semakin menyukai olahraga yang satu ini, kini dapat dengan mudah melatih diri semakin profesional untuk menjadi atlet renang.


Nah, berkaitan dengan olahraga renang yang satu ini, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih lengkap kepada anda tentang rekomendasi gaya renang terbaik yang paling mudah dan paling aman dilakukan untuk pemula seperti anda. Tidak perlu berputar otak hingga membutuhkan panduan ahli, kini anda bisa mencobanya sendirian dan perlahan-lahan. Lantas, apa saja gerakan renang yang paling mudah dan juga paling aman untuk anda? Mari simak terus ulasan kami yang satu ini dan jangan lewatkan satupun poinnya!

Jenis Gaya Renang Paling Mudah dan Paling Aman yang Bisa Anda Coba!




Jika anda adalah seorang pemula yang baru mempelajari suatu jenis gaya renang, maka kami rekomendasikan untuk memperhatikan ulasan kami sampai selesai. Karena, jenis-jenis gerakan yang akan kami kuak ini paling mudah dilakukan oleh pemula seperti anda yang belum memiliki pengalaman sebagai perenang profesional. Selain mudah, gerakan-gerakan renang juga sangat aman anda lakukan. Tidak ada satupun batasan yang menyebabkan olahraga renang anda menjadi terhambat. Berikut, adalah jenis gaya renang yang paling mudah dan paling aman:

Renang Gaya Bebas (Front Crawl/Freestyle)


Rekomendasi gaya renang yang paling aman dan paling mudah anda lakukan kali ini, adalah renang gaya bebas. Renang gaya bebas, adalah jenis gerakan renang yang paling direkomendasikan untuk pemula seperti anda. Untuk melakukannya pun mudah. Bahkan, tidak pula membutuhkan banyak tenaga untuk meniru gerakannya. Adapun langkah yang bisa anda tiru saat renang gaya bebas, adalah sebagai berikut:

  • Mengapung, namun bagian perut dan wajah harus menghadap air.

  • Regangkan tubuh anda selama mungkin sambil menyeimbangkan tubuh di air.

  • Jaga kaki tetap lurus, kemudian tendang kaki anda dari tembok pinggir kolam renang.

  • Naikkan dan turunkan kaki secara perlahan-lahan sambil kedua tangan anda mengayuh air.

Renang Gaya Dada (Breaststroke)


Gaya dada, adalah jenis gaya renang yang sangat disukai oleh kalangan pemula di luaran sana. Selain mudah, renang gaya dada juga tidak membutuhkan panduan yang khusus layaknya gerakan lain. Langkah yang harus anda tiru saat renang gaya dada, adalah:

  • Mengapung, bagian perut dan wajah harus menghadap air.

  • Regangkan tubuh dan jagalah keseimbangkan agar tubuh anda 100% mengapung diatas air.

  • Regangkan tangan perlahan-lahan.

  • Luruskan kaki anda.

  • Tekuk lutut secara perlahan-lahan sambil menjaga keseimbangan diatas air, kemudian berikan tendangan keluar.

  • Lakukan gerakan berulang sampai anda bisa berenang tanpa wajah menyentuh air.

Renang Gaya Punggung (Backstroke)


Berbeda dengan jenis gaya renang lainnya, renang gaya punggung yang satu ini sangat kami rekomendasikan untuk anda sebagai pemula. Satu fakta yang harus anda tahu, bahwa renang gaya punggung yang satu ini direkomendasikan oleh dokter profesional untuk pemilik gangguan punggung. Berikut, adalah langkah meniru gerakan olahraga renang gaya punggung yang bisa anda coba:

  • Mengapung dengan posisi telentang diatas air.

  • Jaga keseimbangan, jangan sampai wajah maupun dada anda terkena air.

  • Atur nafas perlahan-lahan sambil regangkan tangan dan kaki.

  • Bagian lutut anda harus berada diatas air agar proses mengapung bisa anda kuasai sepenuhnya.

  • Gerakan kaki anda keatas dan kebawah secara perlahan-lahan.

  • Lakukan gerakan secara berulang hingga anda bisa menjaga keseimbangan dengan sempurna

  • Saat melakukan gaya renang paling mudah ini, dibutuhkan konsentrasi dan tidak boleh panik agar tubuh sepenuhnya mengapung diatas air.

2 views0 comments
bottom of page